Puasa Dulu Vs Puasa Sekarang


     Sudah memasuki hari puasa yang kedua, sudah 2 hari pula aku saur sendiri di bulan ramadhan tahun ini. alhamdulilah masih bisa diberikan kenikmatan menunaikan ibadah puasa, dimana tidur menjadi suatu hal yang mendapat pahala ketimbang ghibah sana sini atau nonton gosip. menahan hawa nafsu memperbanyak melakukan hal-hal yang membawa manfaat dan pahala seperti membaca Al-Qur'an, sholat tepat waktu yang biasanya kadang molor-molor kayak permen karet atau bahkan bolong-bolong, subuh yang kadang tertinggal bangun-bangun udah jam 6 pagi mentari sudah bersinar ayam sudah berkeliling mencari makan. sekarang ketika bulan ramadhan habis saur nunggu imsak sekalian nunggu sholat subuh.

     Aku jadi teringat ketika mama selalu memasak makanan untuk kami berbuka puasa dan saur, masakan mama yang selalu number one di lidah ku. bahkan tak ada satu warteg pun yang masakannya sama seperti masakan mamaku, kadang kami memasak bersama membuat takjil untuk buka puasa. aku selalu meminta pokonya nanti buka puasa sama es yang seger-seger terus sama takjil yang banyak. dan akhirnya waktu berbuka puasa semuanya gak diabisin malahan kekenyangan dan waktu menjelang sholat magrib yang ada perut sakit kekenyangan gak karuan. apalagi pas ketika masuk sholat isya dan teraweh yang ada susah berdiri dan menguap-nguap, akibat makan buka puasa yang berlebihan.
     2 tahun yang lalu kami masih formasi lengkap, masih berbuka dan saur bersama ketika mba Tari belum menikah dan aku belum merantau untuk kuliah, kami berdua yang dulu masih bocah sukanya mepet-mepet kalo bangun saur, sampai-sampai mama bangunin ke kamar itu berkali-kali teriak-teriak kalo gak gitu kadang gantian mama yang masak buat saur terus bapak yang suka bangunin kami berdua.  
     Sekarang mba Tari udah nikah dan tinggal sama suaminya walaupun gak jauh rumahnya dari rumah orang tua. Kebayang sekarang dia jadi ibu-ibu rumah tangga masak buat suaminya buat buka dan saur. mama juga sekarang masaknya cuma buat bapak jadi gak pernah masak banyak lagi beda waktu masih ada kita berdoa yg emang makannya banyak kayak predator.
     Kemarin juga habis telponan sama  mama nanya-nanya kabar, kami berdua sama-sama menunggu bedug dan adzan magrib berkumandang. ternyata mamaku juga buka puasa sendiri karena bapak pergi kerja keluar kota. hehe kok jadi senasip gini ya. merasakan buka dan saur sendiri.
     Semoga tahun depan bisa wisuda biar bisa kumpul lagi sama orang tua buat menikmati buka dan saur bareng-bareng lagi berangkat teraweh juga barengan. hehe kangen sama omelan bapak-dan mama yang suka teriak-teriak hehe peace mak.
     Sehat terus yaa buat my family, semoga Allah selalu melindungi kami semua walaupun jarak jauh tapi doa selalu dipanjatkan. :)


#NostalgiaKeluarga
#HariKelurga
#CintaKeluarga
#NostalgiaKeluargaBKKBN

Comments