Budaya, Makanan, Ciri khas

Kebudayaan Kalimantan Timur



Berikut uraian singkat dari budaya Kalimantan Timur :

1. Rumah Adat

Rumah adat Kalimantan Timur dinamakan Rumah Lamin. Rumah Lamin adalah rumah adat suku Dayak Kenyah diKalimantan Timur. Rumah itu berbentu panggung setinggi 3m dari tanah dan dihuni oleh 25-30 kepala keluarga. Ujung atap rumah diberi hiasan kepala naga, simbol keangungan, budi luhur, dan kepahlawanan. Halaman rumah diisi oleh patung patung Blontang, menggambarkan dewa dewa sebagai penjaga rumah atau kampung

Rumah Lamin Rumah Adat Kalimantan Timur
Rumah lamin terbagi atas ruang dapur, ruang tidur dan ruang tengah guna menerima tamu atau pertemuan adat. Tangga untuk naik kerumah lamin terbuat dari satu pohon. Bentuk tangga ini tak berbeda antara rumah bangsawan dan rumah rakyat biasa. Dinding rumah terbuat dari katu diselingi daun rumbia, sedangkan kolong rumah dapan dipergunakan untuk memelihara ternak.

2. Pakaian Adat

Pria dari Kalimantan Timur memakai tutup kepala (topi) berhiaskan bulu bulu enggang, baju rompi dan kain tenun sebatas lutut. Sebuah tameng dengan hiasan yang khas berada ditangannya. Hiasan lainnya adalah kalung yang terbuat dari tulang atau gigi binatang.
Sedangkan wanitanya memakai topi dengan hiasan yang khas baju rompi dan kain (rok) dengan warna dan hiasan yang khas pula. Perhiasan yang dipakai adalah kalung dan beberapa gelang dikedua belah tangannya.

Pakaian Adat Kalimantan Timur
3. Tari tarian Daerah Kalimantan Timur

a. Tari Gong, dipertunjukkan pada waktu upacara penyambutan terhadap tamu agung. Dapat pula dipertunjukkan sewaktu kelahiran seorang bayi kepala suku. Tari ini bersumber dari tari tradisi Dayak Kenyah, yang merupakan gabungan dari tari perang dan tari gong. Keseluruhannya menggambarkan kisah dua orang pemuda yang memperebutkan seorang putri yang kemudian menjelma menjadi seekor burung.

b. Tari Perang, tari yang mempertunjukkan pertarungan dua orang pemuda salam memperebutkan seorang gadis.

c. Hudug dan Belian, adalah tari tarian yang mengandung kepercayaan magic untuk mengusir roh jahat yang menganggu.

Tari Gong
4. Senjata Tradisional 

Di Kalimantan Timur pun, mandau merupakan sejata tradisional rakyatnya. Hulu mandau diberi ukuran burung enggang dengan hiasan rambut manusia. Dibuat oleh pandai besi yang mempunyai ilmu gaib.
Mandau adalah semacam senjata yang berbentuk parang dengan panjang kira kira 1/2m. Mandau itu ada dua macam. Pertama, mandau yang disebut Tampilan dan dipakai untuk perang dan upacara. Kedua, mandau yang biasa dipakai untuk keperluan sehari hari. Senjata lainnya adalah bujak (senjata tombak), anak mandau, beliung, dan sumpit.

Mandau
5. Suku : Suku dan marga yang terdapat didaerah Kalimantan Timur adalah : Dayak, Tidung, Kenyah, Bulungan, Berusu, Kayan, Abai, dan lain lain.

6. Bahasa Daerah : Kenyah, Kayan, dan lain lain.

7. Lagu Daerah : Indung indung.
Sumber: klik disini


Makanan




Anda mungkin bertanya-tanya apa ya makanan khas balikpapan? iya, makanan khas balikpapan adalah "abon kepiting bontings". Abon kepiting pertama kali dicanangkan sebagai makanan khas balikpapan di tahun 2007 oleh walikota ketika itu Bapak H. Imdaad Hamid, SE. Makanan khas balikpapan abon kepiting dibuat dari daging kepiting segar pilihan dicampur dengan bahan dan rempah-rempah alami. Abon kepiting tersedia dengan dua varian rasa yaitu original dan rasa bumbu serta tiga varian kemasan, kotak, toples dan kaleng. Terkait makanan khas balikpapan abon kepiting berikut komentar tokoh di indonesia ketika pertemuan enterpreneur beberapa waktu yang lalu:
Mr. Joger, pengusaha kaos Joger bali, "Hebat, menciptakan abon kepiting, sukses..."
Bob Sadino (Alm), Tokoh enterpreneur senior, "Ide bagus, sukses...."
Purdie E. Chandra, Direktur Primagama, "enak, ide unik belum pernah saya temukan ditempat lain, realisasikan ide-ide liar anda.."
Balikpapan sangat terkenal dengan kepiting nya, karena pesisir pantai kalimantan khususnya kalimantan timur banyak ditumbuhi pohon bakau, sehingga masih banyak kepiting yang hidup bebas di pesisir kalimantan.
Jika anda berkunjung ke Balikpapan, pastikan anda membawa "Bontings Abon kepiting", makanan khas balikpapan.
Sumber: klik disini

Ciri Khas

Apabila sedang berkunjung ke suatu daerah, tidak afdol rasanya kalau tidak membeli suvenir khas daerah tersebut sebagai oleh-oleh. Dan biasanya memang setiap kota memiliki tempat-tempat tertentu yang menjual barang ciri khas sebagai oleh-oleh bagi pelancongnya. Jika sedang berada diBalikpapan , silakan datang ke Pasar Inpres Kebun Sayur yang terletak di Jalan Raya Letjend. Soeprapto, dekat daerah Kampung Baru. Meski namanya terdengar seperti tempat yang menjual beraneka macam sayuran, tapi di sini kita akan menjumpai berbagai barang yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh khas Kalimantan. Pasar yang berada berseberangan dengan Giant Supermarket ini dilewati oleh tiga nomor taksi (sebutan untuk angkot di Balikpapan), yaitu: nomor 01 (Putih-Orange) dari Terminal Batu Ampar, nomor 05 (Putih-Kuning) dan nomor 06 (Putih-Biru Tua), keduanya dari Terminal Damai. Tarif rata-rata untuk taksi di Balikpapan adalah Rp 3.000.
Petunjuk nama Pasar Inpres Kebun Sayur terlihat jelas di pinggir jalan raya, Balikpapan
Petunjuk nama Pasar Inpres Kebun Sayur terlihat jelas di pinggir jalan raya, Balikpapan

Variasi Oleh-Oleh Khas Kalimantan di Kebun Sayur

Apa saja oleh-oleh khas Kalimantan yang bisa ditemui di sini? Bagaimana dengan harga, apakah mahal? Jawabannya: Oleh-oleh khas Kalimantan yang ada di Kebun Sayur sangat beragam dengan kisaran harga yang relatif terjangkau, mulai dari Rp 5.000 sampai dengan di atas Rp 100.000. Dengan harga lima ribu rupiah, kita bisa membawa pulang oleh-oleh khas Kalimantan berupa gantungan kunci berbentuk kuku macan (simbol khas Kalimantan), juga gelang sederhana dari batu permata sintetis. Hasil olahan dari batu permata memang merupakan barang andalan dari Kalimantan, sesuai dengan sumber daya alam dari pulau ini. Selain gelang ada juga kalung, bros, cincin, dan juga anting dari bahan dasar batu permata dengan harga di bawah Rp 50.000. Tentu saja yang dimaksud adalah batu permata sintetis atau yang sudah melalui beberapa proses. Jika ingin mencari batu permata murni juga ada, tapi tentunya dengan harga yang jauh lebih mahal, sampai ratusan ribu rupiah.
Sumber: klik disini
Salah satu toko di Kebun Sayur, Balikpapan
Salah satu toko di Kebun Sayur, Balikpapan
Kalung dari olahan bebatuan
Kalung dari olahan bebatuan
Bros cantik berhiaskan batu permata sintesis di Kebun Sayur
Bros cantik berhiaskan batu permata sintesis di Kebun Sayur
Masih banyak juga oleh-oleh khas Kalimantan selain perhiasan, sebut saja Mandau – senjata tradisional suku Dayak, tas anyaman, sarung songket khas Kalimantan, penutup kepala khas Kalimantan, dompet, atau kain batik.
Mandau – senjata tradisional Suku Dayak di Pasar Sayur
Mandau – senjata tradisional Suku Dayak di Pasar Sayur
Gantungan kunci kuku macan
Gantungan kunci kuku macan
Sarung songket dan penutup kepala khas Kalimantan
Sarung songket dan penutup kepala khas Kalimantan

Comments